PWI Malang Raya Bersama Ahmad Basarah Ajak Masyarakat Pahami Ideologi Pancasila

Ahmad Basarah menyampaikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

PWIMALANGRAYA - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan secara virtual bersama Ketua Badan Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Ahmad Basarah, di Pendopo Aspirasi Ahmad Basarah, Sabtu (13/3).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, yang juga Ketua DPC PDIP Kota Malang ini digelar secara Virtual, dengan dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, dan Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari.

 

 

Dalam Sambutannya, Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting, sebab di era reformasi ini, para generasi muda atau milenial, dan pengurus PWI Malang Raya untuk lebih mengedepankan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945

Yakni sebagai konstitusi negara, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

 

 

"Sosialisasi ini sangat penting, sebab saat ini sikap individualisme semakin bertumbuh, apalagi sikap skeptis terhadap Pancasila untuk itu perlu adanya sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan seperti ini," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto secara daring menyampaikan dengan kegiatan sosialisasi seperti ini mudah-mudahan dengan cara ini, Pancasila bukan hanya ada di ruang diskusi belaka, namun dapat diimplementasikan secara masif baik melalui tulisan bahkan perilaku.

"Dengan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini diharapkan dapat memberikan edukasi semua masyarakat lebih khusus pada pengurus PWI Malang Raya, agar dapat memantapkan kita semua dalam bernegara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, serta tetap setia dan mencintai NKRI," tegasnya.

Disisi lain, Ketua Badan Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Ahmad Basarah mengatakan, MPR ingin membumikan Pancasila ke seluruh masyarakat Indonesia. Karena, MPR telah menempatkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

"Di tengah kemajuan teknologi seperti ini, Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara perlu digalakkan, karena Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, yang mana UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara," tegas pria yang juga sebagai Wakil MPR RI ini.

Untuk itu, menurut Ahmad Basarah, MPR menganggap pentingnya melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika (4 Pilar) agar dapat meningkatkan kecintaan pada bangsa dan ideologi Pancasila.

"Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila digali dan diambil dari bumi bangsa Indonesia sendiri. Karena itu seluruh sila-sila dalam Pancasila, sejalan dengan nilai-nilai yang hidup serta dipegang oleh seluruh masyarakat," pungkasnya.