PWI Malang Raya Ajak Instansi dan Lembaga Ciptakan Profesionalisme Jurnalis Melalui MoU

Ketua PWI Malang Raya ketika menandatangani perjanjian kerja sama.

PWIMALANGRAYA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya untuk kesekian kalinya menggelar penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) bersama beberapa instansi dan lembaga swasta, di Cafe Kemboja yang berada di Jalan Sultan Agung, Kota Batu, Sabtu (27/3).

Dalam sambutannya, Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, kegiatan penandatanganan MoU ini merupakan yang kedua kalinya, dan saat ada sebanyak 15 instansi atau lembaga yang siap melakukan MoU ini.

"Penandatanganan MoU ini merupakan salah satu wujud kesiapan PWI Malang Raya untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan yang akan bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Selain itu, lanjut Cahyono, kegiatan MoU ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi profesi jurnalistik agar dapat meningkatkan kompetensi jurnalis/wartawan.

"Dengan MoU ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi wartawan terhadap kesadaran profesinya, dan dapat menyajikan berita-berita positif sehingga terus membangun aura-aura positif untuk membangun ekonomi di Malang Raya," jelasnya

Untuk itu, tambah Cahyono, kedepannya diharapkan dapat menjalankan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar dapat meningkatkan profesionalisme wartawan.

"Tahun ini kami akan menggelar UKW agar dapat membangun ekosistem media yang sehat, berkualitas, dan profesional," terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumdam Among Tirto, Kota Batu, Edi Sunaedi menyampaikan, jika dirinya sangat mendukung langkah dan program PWI Malang Raya. "Saya memandang memeng perlu adanya UKW agar dapat meningkatkan profesionalisme wartawan," tandasnya.