Ahmad Basarah Dukung IKIP Budi Utomo Jadi Universitas

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah ketika membuka Pra UKW PWI Malang Raya di IBU. (Foto : Gilang / PWIMALANGRAYA)

PWIMALANGRAYA - Wakil Ketua MPR RI, yang juga anggota Komisi X DPR RI, Ahmad Basarah (AB) mendukung IKIP Budi Utomo (IBU) yang menyandang nama besar Budi Utomo menjadi Universitas.

"Sekolah Tinggi ini menggunakan nama besar Budi Utomo, yang diketahui telah melahirkan organisasi-organisasi pergerakan pemuda, ormas keagamaan, partai politik dan lain-lainnya," ucap AB saat membuka kegiatan pra-Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilakukan oleh PWI Malang Raya, di Kampus C IKIP Budi Utomo, Jalan Citandui, Kota Malang, Jumat, (17/9).

Menurut AB, di tahun 1908 organisasi Budi Utomo didirikan di gedung STOVIA Jakarta oleh para pemuda pelajar Sekolah Dokter Jawa atau STOVIA yang diketuai oleh Soetomo.

"Itu menjadi pelopor bagi gerakan kebangsaan di Indonesia, dan ditetapkan sebagai hari kebangkrutan Nasional," jelasnya. AB menegaskan, dengan nama besar Budi Utomo yang telah disandang oleh IKIP Budi Utomo tersebut diharapkan dapat berubah menjadi Universitas.

"Untuk itu, perlu menjadi kesadaran kita bersama agar status sekolah tinggi keguruan atau IKIP Budi Utomo ini dinaikkan status dan derajatnya menjadi Universitas Budi Utomo Malang," pungkasnya.