Lestarikan Lingkungan, PWI Malang Raya Ajak Perumda Tirta Kanjuruhan Tanam Pohon di Sekitar Sumber Air

PWIMALANGRAYA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya mengajak Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang untuk melakukan penanaman pohon di area sumber air yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

Kegiatan penanaman pohon atau penghijauan tersebut dilakukan dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2022, dan menggandeng beberapa perusahaan untuk menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian mata air, yang akan melakukan penanaman pohon di sekitar area sumber air, agar kondisi alam tetap terjaga kelestariannya.

"Penanaman pohon ini direncanakan akan digelar pada Rabu (23/3) mendatang, ada sekitar 5 ribu pohon, dan mayoritas merupakan pohon buah-buahan seperti Sukun, Mangga, Alpukat, dan sebagainya," ucapnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, lanjut Cahyono, PWI Malang Raya, dan Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang membutuhkan koordinasi dengan berbagai pihak, dan Pemerintah Desa (Pemdes), serta Perhutani.

"Supaya pohon-pohon itu terawat, diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemdes, agar pohon itu bisa terawat," jelasnya. Cahyono menjelaskan, kegiatan penanaman pohon tersebut, nantinya akan dilakukan secara bertahap di 12 sumber air dari 63 sumber air yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

"Pohon-pohon itu akan ditanam, tapi akan dilakukan secara bertahap, yang jelas akan dilakukan di area sumber air, terutama di Semberpitu," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Kanjuruhan, Mohammad Haris mengatakan, melakukan penanaman pohon di sekitar area mata air, agar kondisi alam tetap terjaga kelestariannya, diperlukan koordinasi dengan berbagai pihak.

"Ini upaya luar biasa, dengan melakukan penanaman pohon di sekitar area mata air, jelas akan menjaga kelestarian sumber air," tandasnya.