PWI Malang Raya dan Perumda Tirta Kanjuruhan Hijaukan Area Sumber Air

PWIMALANGRAYA- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya bersama Forkopimda Kabupaten dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar kegiatan Gerakan Penghijauan di area sumber air.

Kegiatan penanaman pohon atau penghijauan tersebut digelar di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang pada hari Jumat (25/3) pagi. Kegiatan yang diawali dengan penyerahan santunan kepada anak yatim, dan Pembacaan Komitmen Gerakan Penghijauan.

Serta penyerahan secara simbolis Bibit Tanaman ke perwakilan kelompok masyarakat yang terlibat pada kegiatan penghijauan tersebut dihadiri oleh Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim.

Selain itu, juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Malang Diah Yuliastuti, dan Ketua TP PKK Kabupaten Malang Anis Zaidah Sanusi, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang, hingga Muspika Tumpang dan Poncokusumo, dan perwakilan Perum Perhutani KPH Malang.

Dikesempatan tersebut, Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, kegiatan penamaan bibit tanaman tersebut dilakukan untuk memelihara dan menjaga ketersediaan air baku yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

"Penanaman pohon ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-41 Perumda Tirta Kanjuruhan, dan memperingati Hari Air Dunia ke-30, serta Hari Pers Nasional ke-76 tahun 2022," ucap Sanusi dalam sambutannya, Jumat (25/3).

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan Syamsul Hadi mengatakan, kegiatan penghijauan ini sebagai bentuk kontribusi pemerintah daerah (Pemda) dan PWI Malang Raya untuk menjaga kapasitas air bersih yang ada di Sumber Pitu agar tetap terjaga.

"Di Desa Duwet Krajan ini ada 1000 batang pohon durian akan disebar di titik Sumber Pitu yang merupakan lahan Perum Perhutani KPH Malang seluas kurang lebih 5 Ha.

Penanaman pohon ini sebagai upaya memelihara sumber air, ada 26 titik sumber air yang akan di pelihara, termasuk Sumber Pitu ini," kata Syamsul.

Hal senada juga disampaikan Ketua PWI Malang Raya Ir. Cahyono, kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan menjaga ketersediaan air baku yang berkesinambungan.

"Kegiatan penghijauan ini terselenggara berkat kerjasama kami (PWI Malang Raya) dengan Perumda Tirta Kanjuruhan, dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart)," jelas Cahyono.

Cahyono menegaskan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat memelihara dan menjaga ketersediaan air baku, dan dapat meningkatkan sumber pendapatan asli daerah.

"Di Sumber Pitu sangat berpotensi untuk dikerjasamakan dengan BUMD yang membutuhkan. PWI Malang Raya selalu mensupport kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan termasuk pengandaian air bersih," tegasnya.

Lebih lanjut, Cahyono menjelaskan, PWI Malang Raya selalu berupaya membangun sinergitas kelembagaan dalam upaya memelihara kelestarian lingkungan,

"Gerakan Penghijauan ini sebagai sarana edukasi untuk peningkatan kepedulian kita semua akan pentingnya menjaga sumber air yang ada dengan melakukan penanaman pohon disekitar sumber air," pungkasnya.